Blog

Pesantren Gelar Paturay Tineung 2018

PPI04CJR – Merupakan salah satu program akhir tahun ajaran, Pesantren Gelar Paturay Tineung 2018 untuk santri kelas akhir tahun ajaran 2017-2018 pada hari Sabtu, 12 Mei 2018 lalu. Bertempat di lapangan 2 pesantren (samping asrama putra), kegiatan Paturay Tineung ini menjadi agenda akbar yang dihadiri oleh banyak orang.

Hadir dalam kesempatan tersebut para santri kelas akhir beserta orangtua/wali, asatidzah (Pendidik dan Tenaga Kependidikan), penasihat dan Mudirul ‘Am pesantren, ketua PC Persis Cianjur, para santri, alumni, dan lainnya turut memeriahkan kegiatan tersebut.

Jumlah santri yang wisuda pada tahun ini berjumlah 183 orang, dengan rincian: TPQ 15 santri, Ibtidaiyyah 55 santri, Tsanawiyyah 60 santri, dan Mu’allimien 53 santri.

Kegiatan diawali oleh prosesi perpisahan oleh lengser dari santri Mu’allimien, dilanjutkan mushafahah (bersalam-salaman) santri dengan asatidzah. Selanjutnya sambutan-sambutan dari PC Persis Cianjur dan Mudirul ‘Am sekaligus membuka kegiatan paturay tineung.

Acara disambung dengan tes sekaligus penghargaan kepada santri hafidz – yang menghafal al-Quran dengan juz terbanyak. Agenda ini langsung dipandu oleh Mudirul ‘Am dan melibatkan para ustadz dan orangtua/wali sebagai penguji santri hafidz tersebut.

Dalam kegiatan ini disuguhkan pula berbagai tampilan kreasi seni santri dari empat jenjang, seperti TPQ dengan hafalan do’a-do’a, Ibtidaiyyah menampilkan paduan suara, Tsanawiyyah dengan Drama Komedi, dan Mu’allimien dengan kesenian calung. (RR)

Galeri Paturay Tineung bisa dilihat disini (Paturay Tineung 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *