Blog

Tsanawiyyah turut menyelenggarakan manasik haji

TSN PPI 04 CJR – Sebagaimana dengan program tingkat Muallimien tahun lalu, kini tingkat Tsanawiyyah turut menyelenggarakan manasik haji tahun 2017 ini.

Tentunya setiap ummat Islam dimanapun berada memiliki harapan untuk bisa melaksanakan setiap ajarannya secara kaffah dan konsisten. Banyak ibadah yang bisa dilakukan oleh Muslim yang harus dibiasakan sejak dini agar timbul rasa cinta dan tanggung jawab akan beban dalam menjalani agama yang dianutnya. Pembiasaan tersebut tidak lain dimaksudkan sebagai bahan pembelajaran dan pengalaman yang bisa diamalkan pada masa yang akan datang. Itulah yang memotivasi kami (tingkat Muallimien) untuk menyelenggarakan manasik haji pada kesempatan kali ini.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis, 06 April 2017 ini berbeda dengan tujuan sebelumnya, yakni para santri – kelas 3 tsanawiyyah khususnya – dalam memenuhi ujian praktek mata pelajaran Fiqih. Sedang untuk kelas 1 dan 2, ini menjadi momen pengenalan ibadah haji agar lebih tertarik dan memperdalam praktek ibadah tersebut. “Kami memang tidak terlalu menekankan kepada waktu pelaksanaan dekat dengan bulan dzul-hijjah, namun ini sebagai dasar pengenalan kepada para santri supaya bisa memulai menargetkan untuk pergi ke tanah suci sedini mungkin”, tanggap ust. Abdul Aziz, S.Pd.I. selaku mudir Tsanawiyyah

Kegiatan yang melibatkan seluruh santri tingkat Tsanawiyyah ini disambut hangat oleh para santri dengan antusiasme yang tinggi. “Setelah melihat tahun lalu tingkat Muallimien menyelenggarakannya, kami tentunya merasa tertarik dan ingin mengalami bagaimana tata cara dalam melaksanakan ibadah haji ini. Pengalaman ini sungguh berharga bagi kami”, ujar Anisa Juliana; sebagai salah satu peserta manasik haji ini.

“Sungguh luar biasa apabila kita mengingat sejarah nabi Muhammad dan para sahabat dalam melaksanakan ibadah haji. Sebagai rukun islam kelima, ibadah haji memang dianggap paling berat, karena beberapa alasan terutama masalah uang. Dengan kegiatan ini (manasik), semoga bisa memberi motivasi kepada para santri untuk lebih semangat dan lebih mencintai islam”, tutup ust. Rasyid Ridlo, S.Ei. (RR)

Video Galeri bisa dilihat ditautan ini (Video Manasik Haji Tsanawiyyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *