Blog

Muallimien Selenggarakan Manasik Haji

MLN PPI 04 CJR – Setiap ummat Islam dimanapun berada tentulah memiliki harapan untuk bisa melaksanakan setiap ajarannya secara kaffah dan konsisten. Banyak ibadah yang bisa dilakukan oleh Muslim yang harus dibiasakan sejak dini agar timbul rasa cinta dan tanggung jawab akan beban dalam menjalani agama yang dianutnya. Pembiasaan tersebut tidak lain dimaksudkan sebagai bahan pembelajaran dan pengalaman yang bisa diamalkan pada masa yang akan datang. Itulah yang memotivasi kami (tingkat Muallimien) untuk menyelenggarakan manasik haji pada kesempatan kali ini.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis, 08 September 2016 ini menjadi momen yang tepat dalam melaksanakan manasik ini, disaat sebagian umat Muslim tengah melaksanakan ibadah haji ke baitullah. “Semoga dengan momen ibadah haji ini bisa lebih meningkatkan motivasi santri untuk bisa menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya di masa yang akan datang”, sambut Ust. Acep Zaenudin, S.Sos.

Dalam kesempatan ini, kegiatan manasik haji dibimbing oleh H. Dedi Djuwandi Rahman dan H. Tjetjep Wirianto selaku tasykil KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) Persatuan Islam cabang Cianjur.

Kegiatan yang melibatkan seluruh santri tingkat Mu’allimien disambut hangat oleh para santri dengan antusiasme yang tinggi. “Ini (manasik haji) merupakan kegiatan baru bagi kami – para santri – Pesantren Persatuan Islam 04 Cianjur, maka dari itu kami tidak menyia-nyiakan kesempatan baik ini untuk diikuti”, tanggap M. Ihza Illahi; sebagai salah satu santri peserta manasik haji.

Manasik haji ini diselenggarakan dihalaman utama dan belakang Pesantren. Walaupun dengan tempat seadanya, tapi penyelenggaraan kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar. Ke depannya, semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan oleh seluruh jenjang dan bertempat diluar pesantren, mengingat kapasitas tempat yang tidak cukup untuk melibatkan seluruh santri”. Tutup ust. Dede Kurnia, S.Pd.I.

Semoga kegiatan manasik haji ini bisa dilaksanakan secara terus menerus dan dijadikan program unggulan di pesantren kami, In-Sya Allah. (RR)

Untuk video kegiatan tersebut, bisa di cek dihalaman ini… (SHORT VIDEO KEGIATAN TADI)

manasik-1
Berdo’a di shofa
manasik-2
Prosesi lempar jumroh
manasik-3
Ust. H. Dedi Djuwandi Rahman selaku pembimbing manasik haji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *