Blog

Santri PPI 04 CJR Ikut Serta di Jamnas 5

Jamnas atau Jambore Nasional Pelajar Persis merupakan sebuah wadah silaturahmi para santri Pesantren Persis di seluruh Indonesia. Tahun 2016 ini merupakan jamnas yang kelima yang dilaksanakan pada tanggal 25-28 Februari di Sumedang tepatnya di Bumi Perkemahan Kiara Payung. Kegiatan ini diselenggarakan oleh HIMA (Himpunan Mahasiswa) dan HIMI (Himpunan Mahasiswi) sebagai otonom dari PERSIS yang diikuti oleh berbagai pesantren maupun sma dibawah naungan PERSIS se-Indonesia. Jamnas 5 ini diikuti oleh sekitar 1000 orang, dan ini merupakan kali pertama sejak pertama kali diselenggarkan mencapai angka ribuan.

Pesantren Persatuan Islam 04 Cianjur turut memeriahkan kegiatan tersebut dengan mengirimkan santri terbaik untuk mengikuti seluruh rangkaian acara yang sangat bermanfaat tersebut. Hadir dengan jumlah santri yang turut serta sekitar 23 orang dengan pembimbing ust. Engkus Kusnandar, S.Pd.I., dan ust. Dede Kurnia, S.Pd.I.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut ketua umum PERSIS, ust. Aceng Zakaria dalam pembukaan dengan para otonom PERSIS; yakni PERSISTRI, PEMUDA PERSIS, PEMUDI PERSIS, HIMA PERSIS, dan HIMI PERSIS. Kemeriahan acara tersebut ditambahkan dengan parade marching band dari Pesantren PERSIS 31 Al-Manar dan atraksi Syufu Taesyukhan dari Pesantren Manbaul Huda.

Dimeriahkan dengan berbagai perlombaan keilmuan, para santri dituntut mempersiapkan persembahan terbaiknya dengan membawa nama baik pesantren. Dan alhamdulillah kami berhasil membawa 2 trofi dari dua cabang perlombaan; yakni juara 1 lomba puisi RG oleh M. Riansyah, dan juara 2 pidato Bahasa arab oleh Saevany Nurazizah.

5 - Jamnas 3
M. Riansyah | Juara 1 Lomba Puisi RG
5 - Jamnas 2
Saevany Nurazizah | Juara 2 Pidato Bahasa Arab

Para pembimbing menekankan kepada para santri untuk tidak berkecil hati karena tidak membawa trofi sebanyak yang diinginkan. “Kita disini adalah juara, juara bagi masing-masing. Hal yang paling penting adalah bisa bersilaturahmi dengan santri PERSIS diluar Cianjur, dan itu akan dirasa bermanfaat kelak”. Itulah yang disampaikan ust. Engkus Kusnandar kepada para santri seusai penutupan. Arahan lalu ditutup oleh ust Dede Kurnia, “Semoga dimasa yang akan datang akan lahir generasi santri yang bisa lebih baik dan membawa nama baik seperti kakak kelasnya – kalian!(CS – RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *