Blog

Doa Qunut Nazilah untuk Rohingya

Surat Edaran PP PERSATUAN ISLAM tentang Doa Qunut Nazilah untuk Rohingya

Nomor: 0450/JJ-C.3/PP/2016

Pembantaian Muslim Rohingnya oleh militer Myanmar sudah sangat memprihatinkan. Penderitaan mereka adalah keprihatinan kita. Sebagai sesama muslim kita terpanggil untuk menunjukkan kepedulian dengan berbagai cara. Salah satu kekuatan umat Islam adalah do’a, dan Rasulullah SAW menyunnahkan jika terjadi musibah atau bencana yang menimpa kaum muslim di satu tempat untuk melakukan do’a Qunut Nazilah.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka PP Persis menginstruksikan kepada anggota dan simpatisan untuk melakukan Qunut Nazilah untuk mendo’akan muslim tertindas di Rohingya dan tempat- tempat lain selama satu bulan dengan tata acara sebagai berikut:

  1. Qunut dilaksanakan pada shalat lima waktu, dzuhur, ashar, magrib, isya dan subuh,
  2. Do’a qunut dibaca setelah bangkit dari ruku dan membaca “sami’allahu iiman hamidah – rabbana lakal hamdu” pada rakaat terakhir.
  3. Do’a Qunut dibaca oleh Imam dengan suara dzahar (terdengar) dan makmum mengaminkan. Boleh juga dibaca secara munfarid.
  4. Doa yang diucapkan dalam qunut nazilah intinya mendo’akan keselamatan dan pertolongan untuk kaum tertindas dan do’a agar Allah melaknat orang yang dzalim. Tidak ada redaksl khusus, akan tetapi untuk qunut nazilah bagi muslim Myanmar kami menganjurkan untuk membaca:

 

اَللَّهُمَّ أَنْجِ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ فِى رُوْهِيْنغِيَا, اَللَّهُمَّ انْصُرِالْمُسْلِمِيْنَ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ فِى كُلِّ مَكَانٍ, اَللَّهُمَّ اشْدُدْ وَطْأَتَكَ عَلَى اَعْدَآءِ الدِّيْنِ مِنَ الْكَافِرِيْنَ وَالظَّالِمِيْنَ فِى رُوْهِيْنغِيَا وَ فِى كُلِّ مَكَانٍ

“Ya Allah selamatkanlah kaum mu’minin tertindas di Rohingya, Ya Allah tolonglah kaum muslimin yang lemah di berbagai tempat, Ya Allah keraskanlah pijakanMu kepada musuh-musuh Islam dari orang-orang kafir dan dzalim di Rohingya dan dimanapun berada.”

  1. Do’a qunut nazilah bisa dilakukan sambil mengangkat tangan.

 

Doa-Qunut-Nazilah-Untuk-Rohingya
Doa Qunut Nazilah Untuk Rohingya

#ppi04cjr #info_ppi04cjr #QunutNazilahRohingya #DoaUntukRohingya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *